Jumat, 03 Juli 2015

BUBUR PACAR CINA: LEZAT NAN MENGGODA

Bubur Pacar Cina: Lezat nan Menggoda


S
ekarang kita telah berada dalam bulan ramadhan. Umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa itu sendiri identik dengan yang namanya takjil. Oleh karena itu, saya akan memberikan menu untuk takjil berbuka puasa yaitu bubur mutiara atau yang sering kita kenal dengan pacar cina.
           Pacar cina sendiri termasuk makanan yang sangat mudah dalam proses pembuatannya. Bahan-bahannya sendiri dapat mudah kita temukan di pasar-pasar. Bubur mutiara merupakan salah satu jenis makanan yang paling digemari oleh orang Indonesia. Karena disamping rasanya yang manis, bubur ini juga sangat nikmat untuk disajikan dalam berbagai menu acara.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pacar cina itu sendiri adalah 150 gram pacar cina (sagu biji), 750 cc air, 150 gram gula pasir, dan nata de coco secukupnya Sedangkan untuk membuat saus santannya sendiri bahan-bahannya yaitu 200 cc santan kental, 2 lembar daun pandan, dan 1/2 sendok teh garam.
Pertama, kita akan membuat saus santannya terlebih dahulu. Rebuslah santan kental bersama dengan daun pandan, dan garam ke dalam sebuah panic sambil diaduk – aduk hingga mendidih, lalu angkat.
Selanjutnya, kita akan membuat pacar cina atau bubur mutiara. Cara membuat pacar cina adalah pertama, rebuslah air terlebih dahulu ke dalam sebuah panci hingga mendidih. Kedua. jika air sudah mendidih, maka selanjutnya masukkan biji pacar cina ke dalam rebusan air tersebut, sambil diaduk – aduk dan dimasak kembali hingga air kembali mendidih untuk kedua kalinya. Selajutnya, air sudah mendidih, maka sekarang kecilkan apinya.
Setelah itu, masak kembali rebusan air tersebut sambil sesekali diaduk – aduk sampai semuanya  matang (untuk mengetahui kapan matangnya, maka lihatlah dari bijinya yang mengecil. Jika dari sini biji pacar cina sudah mengecil, maka hal ini adalah pertanda bahwa bubur sudah matang). Setelah pacar cina matang, maka setelah itu segera susul dengan memasukkan gula pasir ke dalam rebusan tersebut, sambil diaduk – aduk sampai gula hancur dan tercampur rata dengan bahan lainnya.
Kemudian, setelah semuanya tercampur rata, maka setelah itu tambahkan pula vanili ke dalam rebusan tersebut, sambil diratakan, lalu angkat. Selanjutnya, tuangkan pacar cina ini ke dalam sebuah mangkuk saji. Sekarang, pacar cina sekarang telah siap untuk disajikan untuk menu berbuka puasa bersama dengan nata de coco dan saus santannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar