Jumat, 09 Juni 2017

Pentingnya Taman Suropati Bagi Pengunjung

DAMPAK DAN HARAPAN TAMAN SUROPATI BAGI PENGUNJUNG


            Taman Suropati merupakan taman yang cukup terkenal di daerah jakarta pusat. Keberadaan taman ini sangat berdampak bagi masyarakat sekitar. Bagi masyarakat sekitar dengan adanya Taman Suropati ini, masyarakat menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi dengan satu sama lain. Hal ini dikarenakan banyaknya aktifitas seperti acara olahraga bersama yang salah satunya diadakan oleh komunitas Yoga Gembira.


Komunitas Yoga Gembira adalah sekumpulan praktisi yoga yang ingin membawa nilai-nilai yoga dan manfaatnya ke dalam kehidupan sehari-hari. Komunitas ini secara rutin menggelar pelatihan di ruang terbuka hijau untuk lebih mendekatkan para praktisi yoga dengan alam. Ini sejalan dengan filosofi yoga yang banyak mengambil inspirasi dari alam dan menghormati keragaman. Yoga Gembira pertama kali terlaksana Januari 2009 di Museum STOVIA, Jakarta Utara. Lantaran belum ada tempat tetap, sepanjang tahun 2009 Yoga Gembria dilakukan secara nomaden. Sayang, kegiatan ini sempat terhenti selama 2010, dan dimulai lagi tahun 2011 di Taman Suropati sampai sekarang.

Aktifitas lainnya yaitu acara bersama yang diadakan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.


Ada juga live musik yang dapat membuat suasana taman menjadi semakin meriah yang membuat taman ini tidak pernah sepi setiap harinya. Banyaknya aktifitas tersebut tidak menurunkan tingkat kebersihan di taman ini karena adanya petugas-petugas kebersihan yang senantiasa bertugas untuk menjaga kebersihan. Kebersihan ini lah yang membuat masyarakat merasa nyaman di taman ini.




Taman ini juga dapat dijadikan lapak bagi pedagang kaki lima yang dapat meningkatkan keuntungan mereka karena ramainya pengunjung di taman ini, pengunjung juga tidak perlu repot-repot berjalan jauh untuk membeli makanan atau minuman.

Akan tetapi masyarakat masih mengharapkan peningkatan dalam hal keamanan, karena ada beberapa orang yang kehilangan barang di taman ini. Bagaimanapun juga faktor keamanan sangat penting bagi kelangsungan masa depan Taman Suropati ini. Demikian adalah dampak dan harapan pengunjung yang berada di Taman Suropati dan yang terpenting dalam meningkatkan kebersihan dan keamanan adalah butuh dukungan dan kerja sama dari semua pihak untuk membangun taman ini.



By :
Kelompok Taman Suropati

Arganatha Eka Putra
Ari Nugroho
Ayunda Rahdini
Maghvira Kasminingrum
Muhammad Rizky Minardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar