Rabu, 11 Januari 2017

REVIEW JURNAL : Designing Food Products Based On Carrots Using The Product Design Phase of Quality Function Deployment

REVIEW JURNAL


Judul             : Designing Food Products Based On Carrots Using The Product Design Phase of Quality Function Deployment

Jurnal            : ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences

Vol. & Hal.     : Vol. 11, No. 5, Maret 2016

Tahun            : 2016

Penulis          : Yurida Ekawati & Muhamad Bazarado

Reviewer       : Muhammad Rizky Minardi

Tanggal         : 9 Januari 2016

1.  Abstraksi
Wortel adalah sayuran yang bergizi dan menyehatkan, tetapi dalam penjualannya wortel tidak terlalu menguntungkan apabila dijual sebagai sayuran utuh. Untuk meningkatkan penjualan dari wortel itu sendiri, maka peneliti berencana untuk mengembangkan produk olahan makanan atau minuman yang brebahan dasar wortel, dalam penelitian ini diambilah produk manisan wortel dan sirup wortel sebagai produk yang akan dikembangkan oleh tim pengembang. Dalam pembuatannya, peneliti menggunakan metode Quality Function Deployment untuk menjermahakan keinginan pelanggan dalam pengembangan produk olahan wortel dan juga pengemasan dari produk olahan wortel tersebut.

2.  Latar Belakang
Quality Function Deployment (QFD) adalah metode yang dipakai untuk menjermahkan kebutuhan pelanggan untuk dikembangkan selanjutnya. OFD telah diimplementasikan dalam berbagai perusahaan di dunia sejak tahun 1966. Terdapat empat langkah dalam menyelesaikan sebuah proses QFD yang dimana setiap langkahnya dibangun dalam sebuah matriks. QFD itu sendiri dapat digabungkan dengan metode-metode yang lain, seperti logika fuzzy, Taguchi, dan analisis faktor lainnya yang dibutuhkan dalam suatu penelitian. Dalam hal ini, QFD berguna untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan mengenai produk olahan wortel yang dinginkan, dalam penelitian ini produk olahan wortel yang dimaksud adalah manisan wortel dan juga sirup wortel. Hasil akhirnya dalah untuk mengetahui karakteristik teknis apa yang akan diprioritaskan oleh tim pengembang dalam produk olahan wortel yang berupa manisan wortel dan juga sirup wortel.

3.  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah hasil akhir dari suatu penelitian yang dapat menjadi sebuah solusi permasalahan yang mungkin berguna bagi orang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain atau merancang suatu produk makanan yang berbahan dasar wortel yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

4.  Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menentukan terlebih dahulu kebutuhan pelanggan mengenai produk olahan wortel, lalu diberikan bobot kepentingannya terhadap kebutuhan pelanggan tersebut. Langkah selanjutnya yaitu menentukan karakteristik teknis mengenai produk olahan wortel tersebut, lalu karakteristik teknik tersebut diberikan arah perbaikan untuk pengembangan selanjutnya. Terakhir adalah menentukan bobot kepentingan relatif antara kebutuhan pelanggan dan juga karakteriktis teknis yang kemudian akan dijumlahkan dan jumlah nilai yang paling tinggi yang akan menjadi prioritas untuk pengembangan produk olahan wortel selanjutnya.

5.  Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penenlitian yang dilakukan oleh tim pengembang dengan menggunakan QFD didapatkan hasil yaitu waktu dan temperatur pembuatan manisan wortel sebagai prioritas dari pengembangan manisan wortel tersebut, dan juga jenis bahan aditif dan jumlah banyaknya bahan aditif yang ditambahkan kedalam sirup wortel tersebut yang akan menjadi prioritas dari pengembangan sirup wortel tersebut. Untuk pengemasan terhadap manisan wortel dan sirup wortel itu sendiri berdasarkan QFD makan labelling dari produk olahan tersebut yang akan menjadi prioritas utama dalam pengembangannya.

6.  Kekuatan Penelitian
Kekuatan dari penelitian ini adalah didapatkannya tujuan dari penelitian ini secara jelas, yaitu berupa prioritas yang akan dikembangkan oleh tim pengembang dalam pembuatan produk olahan wortel.

7.  Kelemahan Penelitian
  Kelemahan dari penelitian ini adalah peneliti tidak menjelaskan mengenai darimana didapatkannya kebutuhan konsumen yang menjadi modal penting dalam penelitian ini.


Berikut adalah lampiran jurnal yang telah di-review :

Berikut adalah review jurnal dalam bentuk PowerPoint :
PowerPoint Review Jurnal

Berikut adalah review jurnal dalam bentuk PDF :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar