Rabu, 19 November 2014

IBD - Bab 4 (Manusia dan Cinta Kasih)

BAB 4
MANUSIA dan CINTA KASIH

A. PENGERTIAN CINTA KASIH
Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) saying (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hamper bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu, cinta kasih dapat siartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

B. CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Berbagai bentuk cinta kasih basa kita dapatkan dalam kiytab suci Al-Quran :
1.      Cinta diri
2.      Cinta kepada sesama manusia
3.      Cinta seksual
4.      Cinta kebapakan
5.      Cinta kepada Allah
6.      Cinta kepada Rasul

C. KASIH SAYANG
Pengertian kasih saying menurut kamus umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S.Poerwadarminta adalah perasaan saying, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Otang tua dalam memberikan kasih sayangya bermacam-macam demikian pula sebaliknya. Dari cara pemberin cinta kasih ini dapat dibedakan :
1.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif
2.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif
3.      Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif
4.      Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif

D. KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih saying yang mendalam.
Bila seseorang mengobral cinta, maka orang itu merusak nilai cinta, yang berarti menurunkan martabat dirinya sendiri. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan merupakan perwujudan dari cinta.

E. PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yangs ebenarnya. Apa sebab itu terjadi asalah karena Tuhan mencipta alam semesta. Kecintaan manusia terhadapt Tuhannya itu dimanifestasikan dalam bentuk pemujaan atau sholat. Pemujaan-pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya, hal ini berarti manusia mohon ampun atas segala dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukkan jalan yang benar, mohon ditambahkan segala kekurangan yang ada padanya, dan lain-lain.


F.  BELAS KASIHAN
Kata kasihan atau rahmah berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain. Jadi pengertian rahmah adalah kita menaruh perhatian (simpati) terhadap penderitaan orang lain, lalu kita menunjukkan jalan keluar kepadanya. Tetapi kalau kita menaruh rasa simpati kepada orang yang tidak dalam kesulitan, sehingga menyebabkan rusak (menjerumuskan), maka hal itu disebut memanjakan. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak.

G.   CINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lautan. Pada hakekatnya, cinta kasih tersebut bersifat eksklusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.

Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya, dan menerima pribadi oarng lain (wanita ataupun pria) dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya.


  • Contoh Kasus / Artikel :

Biker's Charity and Harmony Salurkan Bantuan untuk Anak-anak Panti Asuhan


BERTEMPAT di Water Blaster Semarang, Minggu (6/1), sejumlah club dan komunitas penggemar otomotif berkumpul dalam acara amal bertajuk Biker's Charity and Harmony.

Acara itu sendiri dihadiri sejumlah anggota club otomotif di Semarang, seperti dari IMBI, HDCI, Singotoro, MACI, Biker Boyz, HDPW, dan beberapa klub otomotif lainnya.

Menurut Mario Saputra selaku ketua kegiatan amal, acara tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus berbagi kasih kepada para anak-anak panti asuhan yang memang sengaja diundang di acara tersebut.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami para biker Semarang untuk memberi dan berbagi kepada para anak-anak panti asuhan. Ke depannya, selain akan membuat rutin acara charity seperti ini, kami juga tengah berupaya mendirikan yayasan sosial yang bertujuan membantu wargamasyarakat kurang mampu," ungkap Mario.


Terpisah Vice Presiden HOG Jateng John Richard menambahkan, para biker se-Semarang selain menggelar acara-acara amal dan sosial, juga tengah merencanakan satu acara otomotif akbar yang akan digelar saat hari jadi Kota Semarang.

            "Nanti bulan Mei mendatang kita mau bikin acara otomotif yang melibatkan sekitar 1.000-an motor dan dicatatkan ke Muri. Nama acaranya Tugu Muda Bike Week dan terselenggara bertepatan dengan hari jadi Kota Semarang," Tukas John.

            Di akhir acara kemarin, turut digelar penyerahan bantuan yang dilakukan oleh masing-masing perwakilan club otomotif kepada tujuh panti asuhan. Seperti Panti Asuhan Gatot Subroto, Tanah Putih, Elroy, Bahtera Kasih, SOS Desa Taruna, Christhopherus, dan Sinar Kasih.


Referensi  Contoh:
http://hariansemarangbanget.blogspot.com/2013/01/bikers-charity-and-harmony-salurkan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar